halo selamat malam semuanya :D
saya memiliki sebuah judul tugas akhir yang menarik untuk kita simak bersama
kali ini untuk jurusan elektro sub jurusan elektronika dan instrumentasi yang berjudul
“DETEKTOR LEVEL ZAT CAIR SISTEM DIGITAL”

Fatkhul Yaasin. 2007. Detektor Level Zat Cair Sistem Digital. Tugas Akhir (TA). Diploma III Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.

Perkembangan dibidang digital atau lebih dikenal dengan digitalisasi dewasa ini sangat diperlukan. Dalam pengukuran level air masih banyak menggunakan sistem manual atau analog, yang mempunyai kekurangan factor ketelitian dalam pengukuran. Cara lain untuk mengukur level air adalah dengan menggunakan pengukuran sistem digital.

Instrumen yang digunakan dalam alat ini terdiri dari sensor pelampung, rangkaian analog to digital converter (A/D converter), BCD seven segment, dan sebagai tampilan menggunakan seven segment, serta catu daya sebagai pencatu tegangan untuk masing-masing rangkaian.

Detektor level zat cair sistem digital bekerja dari pelampung sebagai sensor, tuas pelampung terhubung dengan potensiometer sehingga jika tinggi permukaan air berubah maka nilai resistansi akan berubah. Besarnya perubahan tegangan yang masuk pada ADC 0804, hasil dari konversi tegangan menjadi kode-kode biner diubah dalam tampilan desimal, kemudian ditampilkan pada seven segment.

Alat ini dapat mengukur level air dalam bejana terukur dan mempunyai bentuk yang pasti, tidak dapat mengukur bejana yang bentuknya tidak beraturan. Kemampuan alat ini masih terbatas yaitu menghasilkan pengukuran hanya mencapai 4 liter saja. Untuk mengukur level air yang lebih besar maka dengan cara mengubah nilai resistansi potensiometer atau menggunakan mikrokontroller.

untuk download tugas akhir ini silahkan klik pada link yang tersedia dibawah ini :

Karya Mr. Fatkhul Yaasin
semoga bermanfaat^^


Regard,



Arcia Celestica 



Comments (0)