halo selamat sore kawan :)
saya mau bagi-bagi tugas akhir gratis lagi nih
kali ini kita akan membahas sebuah tugas akhir teknik elektro subjurusan telekomunikasi yang berjudul “ANALISA KINERJA JARINGAN VSAT (VERY SMALL APERTURE TERMINAL)”


Berawal dari sejarah pada bulan Oktober 1945, Arthur C. Clarke menjelaskan secara rinci mengenai teori dan ide-idenya didalam mengembangkan teknologi komunikasi.

Perkembangan Siskomsat yang menurut keaneka ragaman layanan disadari betul oleh para penyelenggara jasa telekomunikasi, dengan menawarkan beberapa jenis layanan yang di peruntukkan bagi segmen-segmen tertentu, seperti layanan telepon digital dengan kecepatan 64 Kbps, yang merupakan jenis layanan umum sampai dengan sirkit sewa yang khusus di pergunakan oleh pelanggan tertentu.

Sistem Komunikasi Satelit Digital adalah salah satu jawaban dalam menghadapi permintaan pasar tersebut. Sistem VSAT (Very Small Aperture  Terminal) yang di peruntukkan untuk segmen tertentu tersebut, disamping biayanya sangat ekonomis, kapasitas masih sangat terbatas jika dibanding dengan sistem lain seperti IDR. Ini bukannya berarti sistem VSAT tidak mempunyai keunggulan, karena sistem VSAT disamping lebih murah juga dapat di bangun dengan waktu yang relative singkat dan sudah barang tentu mudah dalam pemeliharaannya.

Karena kapasitas jangkauan yang luas dan transmisi data pada multimedia yang dapat besar yang dapat diterapkan pada teknologi VSAT, keandalan VSAT dapat menjamin uptime hingga 99,5 %, waktu pembangunan sistem VSAT hanya membutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu, monitor dan kontrol jaringan VSAT jauh lebih mudah dan sederhana bila dibandingkan teresterial, menggunakan layanan VSAT memberikan kemudahan kepada pengguna dalam perawatan secara terpusat.

Bila dibandingkan dengan komunikasi teresterial maka VSAT mempunyai kemampuan untuk mengembangkan jaringan yang lebih luas, kegagalan pada stasiun VSAT tidak akan berpengaruh terhadap jaringan secara keseluruhan.

Adapun aplikasi VSAT yang telah direalisasikan untuk telephony, TV satelit, internet via satelit, teleconference, distance learning, distribusi data dan softwere, telemedicine, perbankan dan jaringan ATM.

Kata Kunci : Sistem Komunikasi Satelit, Sistem VSAT, Jaringan VSAT, Topologi VSAT, Aplikasi VSAT.


Untuk Download Tugas Akhir ini Silahkan klik saja link dibawah ini :


Karya Mr. Adib Muhadzibuddin ASY
semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya^^


Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (0)