halo selamat malam semuanya :D
saya memiliki sebuah judul tugas akhir yang menarik untuk kita bahas bersama
kali ini untuk jurusan teknik informatika yang berjudul Klastering Bidang Minat Studi Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi ITS berdasarkan Metode K-Means


Paper ini membahas tentang klastering bidang minat studi Tugas Akhir (TA) dengan objek yang diteliti adalah sejumlah sampel mahasiswa jurusan Sistem Informasi ITS (JSI).  Dalam perkuliahan di JSI, syarat agar mahasiswa bisa menjadi sarjana adalah dengan menyelesaikan studi mata kuliah minimal 144 sks dan mengerjakan TA di akhir masa perkuliahan.

Berdasarkan penjurusan TA dan laboratorium yang tersedia, maka bidang minat TA dispesifikan menjadi tiga bidang, yaitu E-Business (E-Biz), Business Intelligence/Decision Support System (BI/DSS) dan Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi (PPSI). Dari tiga bidang minat tersebut, terdapat kecenderungan beberapa mata kuliah yang akan mendukung masing-masing topik TA. Dengan menggunakan metode K-Means, diharapkan hasil dari klastering ini akan bisa merepresentasikan minat mahasiswa JSI terhadap bidang TA menurut nilai mata kuliah pendukung yang telah diambil sebelumnya, sehingga mahasiswa akan dimudahkan dalam menentukan bidang TA sesuai dengan kemampuan mereka.

Keywords—Bidang Minat, Tugas Akhir, K-Means, Jurusan Sistem Informasi

untuk download tugas akhir ini silahkan klik pada link yang tersedia dibawah ini :


Karya Miss Nurul Fatmawati, Mr. Tata Aransta Imas P, & Miss Rachmadita Andreswari
semoga bermanfaat^^


Regard,



Arcia Celestica


Comments (0)