halo selamat malam :D
kembali akan saya update judul tugas akhir untuk anda semua ..
kali ini postingan saya adalah tugas akhir jurusan elektro sub jurusan teknik tenaga listrik yang berjudul “ANALISIS TERHADAP KEANDALAN SISTEM PROTEKSI PADA JARINGAN DISTRIBUSI PRIMER 20 kV PENYULANG JATIBARANG DI PT. PLN (Persero) JAWA BARAT & BANTEN CABANG CIREBON”.


Sesuai dengan perkembangan pembangunan, majunya industri dan pesatnya pertumbuhan jumlah penduduk serta dengan naiknya taraf hidup masyarakat maka kebutuhan akan energi listrik juga semakin meningkat. Dengan pertumbuhan kelistrikan di Indonesia khususnya didaerah Jawa Barat, PT. PLN (Persero) Unit Bisnis Distribusi Jawa Barat & Banten Cabang Cirebon tidak saja dituntut untuk memenuhi kebutuhan daya yang meningkat, tetapi juga dituntut untuk memperbaiki dan meningkatkan keandalan sistem distribusi serta pelayanannya.

Sistem tenaga listrik yang andal adalah apabila sistem tersebut bisa mencatu tenaga listrik dengan stabil dan berkesinambungan. Untuk mencapai sistem tenaga listrik yang andal diperlukan sistem proteksi terhadap peralatan yang ada. Penyulang Jatibarang merupakan bagian sistem distribusi yang sangat penting dalam menyalurkan tenaga listrik dari Gardu Induk Jatibarang ke gardu- gardu distribusi.

Gangguan yang sering terjadi pada penyulang Jatibarang adalah gangguan hubung singkat tiga fasa, fasa ke fasa dan satu fasa ke tanah yang mengakibatkan terjadinya gangguan arus lebih dan gangguan hubung tanah yang bersifat sesaat. Dalam hal ini sistem proteksi yang tepat digunakan untuk penyulang Jatibarang adalah Over Current Relay (OCR) dan Ground Fault Relay (GFR). Dengan menganalisis arus gangguan yang dapat terjadi dan memperhatikan karakteristik dan pola setting peralatan pengaman terpasang, diharapkan dapat diketahui tingkat keandalan sistem proteksi pada penyulang Jatibarang dalam kondisi normal atau saat terjadi gangguan.

Kata kunci : Keandalan, Sistem Distribusi, Penyulang Jatibarang, Sistem Proteksi, OCR, GFR.

untuk download silahkan kelik link dibawah ini :

karya Mr. Karidi
semoga berguna bagi penyelesaian tugas akhir kawan" semua

Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (0)