halo selamat malam semua :D
saya memiliki sebuah judul tugas akhir yang menarik lagi unuk disimak
kali ini untuk jurusn teknik elektro sub jurusan teknik tenaga listrik yang berjudul “ALAT PEMBERI PAKAN TERNAK SECARA OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89C51”


Pada industri peternakan biasanya dilakukan pekerjaan pemberian makanan secara manual atau dengan menggunakan tenaga manusia. Penggunaan tenaga manusia ini memerlukan biaya yang cukup besar, maka diperlukan suatu alat yang dapat mengefisiensikan biaya produksi dan ketepatan waktu dalam proses pemberian pakan ternak.

Pada tugas akhir ini penulis mencoba membuat suatu alat yang berguna untuk pemberian pakan ternak secara otomatis. Alat ini dapat kita setting waktu pemberian makanannya sebanyak 3 kali dalam sehari, kemudian alat akan bekerja setiap hari secara otomatis tanpa harus menyalakan alat kembali.

Alat ini bekerja dengan baik dan tepat waktu dalam proses pengisian pakan ternak. Sebelum alat ini memberi pakan pada ternak terlebih dahulu alat ini melakukan prosedur pengisian tabung makanan hingga penuh. Beban yang dapat dibawa oleh alat sebanyak 338,1 gram dan dapat mengisi di dua lokasi pengisian makanan secara bersamaan sebanyak ± 50 gram. Kecepatan alat ini dalam bergerak adalah 6.02 cm/det.

Pada alat ini digunakan 4 buah motor DC. Digunakan untuk menggerakan roda sebanyak 2 buah motor, untuk membuka dan menutup tabung makanan digunakan 1 buah motor dan untuk menekan tombol pengisi tabung makanan digunakan 1 buah motor. Alat ini memakai 5 pasang sensor infra merah. 4 pasang sensor infra merah digunakan sebagai sensor pembaca jalur dan 1 pasang digunakan sebagai sensor pengisi tabung makanan. Sensor micro switch digunakan sebagai saklar. Output dari sensor infra merah dimasukan ke IC Schmitt trigger MC14050B yang akan mempertegas sinyal infra merah, kemudian hasilnya dimasukan ke Mikrokontroller AT89C51 yang berfungsi sebagai pengontrol keseluruhan sistem.

Kata kunci : Mikrokontroller AT89C51, IC Schmitt trigger MC14050B, Sensor infra merah, Sensor micro switch, Motor Dc.

untuk download tugas akhir ini silahkan klik pada link yang tersedia dibawah ini :



Karya Mr. Imam Sundayani Octavica
semoga bermanfaat^^


Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (0)