halo semuanya :D
di sore yang mendung ini saya akan membagikan sebuah judul tugas akhir bagi para Gokong yang masi galaw mencari judul untuk tugas akhirnya^^
posting saya kali ini akan membahas sebuah judul dari jurusan teknik elektro sub jurusan telekomunikasi yang berjudul “PERCOBAAN APLIKASI PICTURE LOCATION BASED SERVICES (LBS) STUDI KASUS DI KAMPUS UNJANI”


Location Based Service (LBS) adalah suatu aplikasi dari ilmu pengetahua dan teknologi yang telah menunjukan keberadaan era modern, LBS memungkinkan seorang user dapat diketahui keberadaannya dan kemudian pihak operator memberikan layanan langsung di mana user tersebut berada. LBS menyediakan informasi yang spesifik terhadap suatu lokasi, ketepatan dan real-time positioning untuk menghubungkan user dengan tempat-tempat tujuan, memberikan saran mengenai keadaan yang sedang berlangsung yang keseluruhannya melalui perangkat wireless.

Untuk mempersiapkan jaringan GSM sebagai teknologi yang dapat memberikan layanan LBS, modifikasi tertentu harus dilakukan pada infrastruktur jaringan yang sudah ada dengan melakukan upgrade software BTS seperti halnya software yang digunakan pada MSC dan memasang komponen tambahan pada jaringan untuk perhitungan penentuan lokasi, dikenal sebagai Mobile Location Centre (MLC).

Dari hasil percobaan dan perhitungan diketahui; waktu 1.528 detik dibutuhkan oleh PC client di CMU Thailand untuk mengakses aplikasi LBS dari PC server di ITB dengan menggunakan bandwidth satelit 1.5 Mbps. Perhitungan teoritis waktu akses melalui HP menggunakan bandwidth 62.4 Kbps; dibutuhkan waktu 36.727 detik ketika gambar aplikasi LBS belum dikonversi ke ukuran layar HP dan waktu 5.0254 detik ketika gambar aplikasi LBS tersebut telah dikonversi, lebih cepat 31.7 detik.

Dengan waktu 5.0254 detik dirasakan sudah cukup cepat sebagai suatu aplikasi yang dapat diakses oleh HP, untuk membuat user merasa nyaman karena tidak membutuhkan waktu lama untuk mengakses aplikasi LBS ini. Aplikasi Picture Location Based Services yang dibuat memungkinkan untuk di akses dengan lebih baik oleh user jika gambar telah dikonversi ke layar HP sehingga memiliki ukuran file yang lebih kecil.

Kata kunci : Location Based Services (LBS), Mobile Location Centre (MLC)

untuk download dokumen tugas akhir ini lengkap klik saja link dibawah ini :



Buah Karya Mr. Rizqi Maqliza
semoga berguna untuk penyelesaian tugas akhirnya


Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (0)