halo selamat pagi semuanya :D

saya memiliki sebuah judul tugas akhir yang menarik untuk disimak
kali ini untuk jurusan elektro sub jurusan telekomunikasi yang berjudul PENGUKURAN DAN PENGOLAHAN EXCESS DELAY KANAL RADIO PROPAGASI INDOOR (NLOS) MENGGUNAKAN SISTEM D – MIMO”


Banyak metode transmisi yang digunakan untuk mengatasi problem dalam pemenuhan kanal radio propagasi, salah satu diantaranya adalah menggunakan sistem D-MIMO (Distributed Multi-Input Multi Output). Teknik ini mengeksploitasi propertis dari kanal radio propagasi dalam lingkungan yang penuh dengan multipath (lintasan jamak) dengan posisi antena pemancar yang terdistribusi. Karakteristik sistem D-MIMO menggunakan antena array pada posisi pemancar dan penerima. Lintasan jamak dapat juga menyebabkan masalah dalam transmisi yaitu menyebabkan terjadinya ISI (intersymbol interference).

Salah satu penyebab terjadinya ISI adalah adanya delay spread akibat dari keadaan multipath. Ada beberapa jenis parameter delay spread yaitu Maximum excess delay, Mean excess delay, RMS delay spread. Dari nilai parameter tersebut dapat dicari nilai maksimal dari simbol rate transmisi data. Dimana nilai simbol rate harus lebih kecil daripada 1/10στ, dimana σt merupakan nilai RMS delay spread.

Dalam proyek akhir ini dilakukan pengukuran dan pengolahan excess delay pada kanal radio di laboratorium Mikrowave dengan kondisi NLOS menggunakan sistem D-MIMO (4,2,4) dengan 24 jumlah penerima dengan frekuensi kerja 1700 MHz. Dengan mengunakan teori IFFT data dalam domain frekuensi diubah ke domain waktu kemudian diolah menjadi bentuk PDP untuk menghasilkan nilai parameter – parameter delay spread. Dari hasil pengolahan dihasilkan nilai simbol rate maksimum sebesar 4,83 ns. Sementara bila dilihat rata – rata maksimum delay terhadap masing – masing pemancar maka dapat dilihat bahwa setiap penerima dapat dijangkau oleh salah pemancar sehingga menghasilkan maksimum delay yang kecil terhadap pemancar tersebut.

Kata kunci : multipath, delay spread, D-MIMO.


untuk download tugas akhir ini silahkan klik pada link yang tersedia dibawah ini :



Karya Mr. Nursantuso
semoga bermanfaat^^



Regard : Arcia Celestica 

Comments (0)