selamat siang semuanya :D
saya kembali akan memberikan sebuah review judul skripsi dan tugas akhir untuk anda semua
kali ini saya akan membahas sebuah judul menarik untuk teknik elektro sub jurusan telekomunikasi yang berjudul “STUDI PROSES KONVERSI DATA DAN SUARA PADA JARINGAN INTERNET PROTOKOL MENGGUNAKAN SOUNDFORGE 6.0”.


Komunikasi data terdiri dari komunikasi data analog dan digital. Komunikasi data analog contohnya adalah telepon umum – PSTN (Public Switched Telepohone Network). Komunikasi data digital contohnya adalah komunikasi yang terjadi pada komputer. Dalam komputer, data-data diolah secara digital. VoIP (Voice over Internet Protocol) merupakan teknik komunikasi suara melalui jaringan internet. Suara yang merupakan data analog diubah menjadi data digital oleh decoder. Data digital tersebut di-kompresi dan di-transmit melalui  jaringan IP. Oleh karena data dikirimkan melalui IP, maka data dikirimkan secara ‘Switcing Packet’ yaitu data dipecah menjadi paket-paket. Informasi dibagi-bagi dalam paket yang panjangnya tertentu kemudian tiap paket dikirimkan secara individual. Paket data mengandung alamat sehingga dapat dikirimkan ke tujuan dengan benar.

Dalam VoIP, terdapat berbagai protokol yang digunakan diantaranya protokol H.323 yang merupakan protokol standar untuk komunikasi multimedia seperti audio, video dan data real time melalui jaringan berbasis paket seperti Internet Protocol (IP). Protokol H.323 mempunyai komponen seperi terminal, gateway, gatekeeper dan MCU (Multipoint Control Unit). Dalam komunikasi data pada VoIP, secara diagramnya terdiri atas sumber, voice coder serta jaringan internet. Voice coder merupakan pengkonversi suara dari data analog menjadi digital. Dalam VoIP ini masih memiliki kelemahan-kelemahan seperti delay yang masih cukup tinggi dibandingkan dengan telepon biasa (PSTN). Diharapkan dalam perkembangannya, VoIP dapat memiliki perkembangan yang baik seperti delay yang diperkecil, sehingga dapat berkomunikasi lebih murah terutama untuk komunikasi jarak jauh atau interlokal (SLJJ) maupun internasional (SLI).

Kata Kunci : Komunikasi Data, Protokol H.323, VoIP

untuk download dokumen tugas akhir ini silahkan klik link yang disediakan dibawah ini :


Karya Miss Meriany Dewi Utami
semoga bermanfaat^^


Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (0)