halo semuanya :D
saya akan membagikan lagi sebuah judul skripsi dan tugas akhir yang menarik untuk anda simak
kali ini unuk jurusan teknik elektro sub jurusan teknik tenaga listrik yang berjudul “SIMULASI SISTEM KENDALI DAN MONITORING BENDUNGAN MELALUI GELOMBANG RADIO”


Sistem otomatisasi saat ini sangat diperlukan mengingat hal tersebut dapat mempercepat dalam suatu proses. Dengan sistem otomatisasi diharapkan pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. Pada tugas akhir ini dibuat suatu system otomatisasi dalam pengendalian pintu air pada suatu bendungan. Maksud dan tujuan pengendalian secara otomatis adalam untuk mempertahankan level air secara konstan dan data ketinggian ditransmisikan ke suatu PC yang disimpan di pusat control untuk dianalisa sesuai dengan kebutuhan.

Pada prinsipnya system terbagi dalam 2 bagian yaitu hardware dan software dimana pada bagian hardware digunakan mikrokontroller sebagai pengendali dan PC sebagai tampilan atau visualisasi data yang terukur. Dengan menggunakan media transmisi gelombang radio diharapkan system dapat bekerja secara remote. Adapun tampilan atau visualisasi pada PC digunakan Visual Basic yang cukup mudah untuk dipelajari.

Mikrokontroller yang digunakan adalah seri ATMEL yaitu AT89C51 dengan pengubah data analaog ke digital (ADC) tipe 0804 yang mempunyai lebar data 8 bit. Frekuensi transmisi yang digunakan pada prototype adalah 2,4 GHz.

Kata Kunci : Pengendali, Monitoring, Banjir dan Radio.

untuk download tugas akhir ini silahkan klik pada link yang tersedia dibawah ini :


Karya Mr. Muhammad Taufik
semoga bermanfaat^^


Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (0)