berhubung saya ngga bisa tidur malam ini lebih baik saya posting lagi update contoh tugas akhir untuk para Sun Gokong yang mencari kitab suci :D
kali ini posingan saya adalah tugas akhir jurusan elektro sub jurusan teknik tenaga listrik (TTL) yang berjudul "PROTOTIPE DETEKTOR JARAK OTOMATIS PADA KENDARAAN RODA EMPAT DENGAN MEDIA SENSOR ULTRASONIK"
untuk waktu dan tempat saya persilahkan untuk para Sun Gokong melihat Kitab ini ^^


Didasari dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan di jalan yang menyebabkan kemacetan, terkadang untuk mengatur jarak antar kendaraan didepan dengan dibelakang seorang sopir harus melihat ke depan dan ke belakang dan berulang-ulang melihat kaca spion. Dengan mengadopsi teknologi sensor ultrasonik
yang dapat dipancarkan dan dipantulkan dan dipadukan dengan teknologi mikrokontroler AT89C51 maka dapat dirancang suatu sistem pendeteksian jarak antar kendaraan atau kendaraan dengan penghalang.

Berdasarkan studi literatur dan percobaan-percobaan yang telah dilakukan, maka pada rancangan alat ini dilakukan dengan sistem set-up range antara kendaraan dengan kendaraan atau dengan penghalang. Pada hasil pendeteksian sesuai dengan set-up range, maka mikrokontroler akan mengirimkan sinyal kebagian LCD untuk menampilkan pendeteksian dalam keadaan ”in range” atau ”out range”. Pada saat bersamaan pula akan di aktifkan buzzer untuk memberitahukan bila batas jarak kendaraan dengan kendaraan lain atau dengan penghalang dalam keadaan ”in range” yang sebelumnya telah ditentukan.

Dari pengukuran dan pengamatan dihasilkan pendeteksian jarak dengan menggunakan sensor ultrasonik dapat diandalkan, karena memilki nilai keakuratan sebesar 95,10% dan nilai kesalahan sebesar 5,14% yang disebabkan oleh nilai frekuensi amplitudo yang tidak stabil atau berubah-ubah yang dipancarkan sensor transmiter.

Kata kunci : sensor ultrasonic, pendeteksi jarak dan mikrokontroler AT89C51


jika sekiranya cocok untuk anda download silahkan kelik link dibawah ini :


copyright by Mr. Ryan Lutfiana Apandi
Semoga bermanfaat
Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (0)