halo semuanya :D
saya memilki sebuah judul tugas akhir yang menarik untuk anda simak
kali ini untuk jurusan teknik elektro sub jurusan telekomunikasi “PEMBUATAN PERANGKAT KOMUNIKASI DATA UNTUK MENGIRIMKAN PESAN SINGKAT BERBASIS KOMUNIKASI PAKET RADIO (AX.25)”


Paket data radio merupakan salah satu alternatif komunikasi data antar perangkat data melalui komunikasi radio dengan jarak tempuh transmisi yang cukup jauh (mampu hingga ribuan kilometer). Berikut ini paket data radio digunakan untuk mengirimkan pesan singkat antara dua perangkat data yang terkoneksi point-to-point yaitu data circuit equipment (DCE) ke data terminal equipment (DTE). Informasi yang ditransmisikan berupa tegangan dengan range 0 Volt s.d + 2.5 Volt dari DCE ke DTE, dengan panjang data 3 (tiga) byte.

Untuk maksud tersebut dirancang suatu piranti sederhana terdiri dari elemen perangkat keras dan elemen perangkat lunak. Perangkat lunak berisikan prosedur untuk membangun komunikasi antar dua perangkat data, prosedur pengendalian transmisi data dan prosedur yang mengelola agar data sampai ke tujuan akhir dengan selamat, dan komponen modem yang mengelola sinyal informasi untuk ditransmisikan melalui gelombang radio.

Dengan rangkaian yang sederhana, deviasi tegangan yang ditransmisikan berada pada kisaran ± 0.02 Volt yang setara dengan resolusi komponen ADC di bagian DCE. Sehingga karakteristik transmisi data yang linier mampu dicapai piranti ini di mana data yang ditunjukkan DTE sebanding dengan perubahan tegangan yang terjadi di unit DCE.

Kata kunci : paket data radio, DCE, DTE, AX.25, deviasi, resolusi.

untuk download tugas akhir ini silahkan klik pada link yang tersedia dibawah ini :


Karya Miss Merry Siahaan
semoga bermanfaat^^


Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (0)