halo selamat sore semuanya :D
gimana nih tugas akhirnya sudah sampai mana ?? ^^
tenang saya bantu lewat postingan saya deh yaa..
kali ini saya akan membeberkan pada semua sebuah judul tugas akhir jurusan teknik elektro sub jurusan telekomunikasi yang berjudul “ANALISIS IMPLEMENTASI OFDM PADA SISTEM WiMAX”.


Perkembangan dunia wireless terdiri dari wireless LAN, wireless MAN, dan wireless WAN. Tugas akhir ini diambil pengembangan wireless MAN atau yang sering disebut Worlwide interaprobability for Microwave Access (WiMAX). WiMAX adalah sebuah jaringan broadband wireless akses yang  komunikasi dua jalur internet dengan jarak puluhan kilometer. Sistem WiMAX yang digunakan adalah fixed (802.16d) dan mobile (802.16e). Untuk dapat menunjang sistem WiMAX agar dapat digunakan komunikasi dua jalur internet dengan jarak puluhan kilometer, maka diperlukan sebuah teknik pengolahan frekuensi carrier. Dalam dunia wireless terdapat beberapa teknik untuk pengolahan frekuensi carrier, yaitu TDM, FDM dan OFDM. Teknik OFDM (Orthogonal frekuensi  frekuensi carrier yang sangat baik untuk transmisi. Sehingga dapat menunjang sistem WiMAX.

Berdasarkan studi literatur untuk memperoleh data-data dan landasan teori teknik OFDM juga sistem WiMAX. Tugas akhir ini menganalisis data-data yang diperoleh juga mensimulasikan dengan menggunakan MATLAB agar dapat memahami implementasi OFDM pada sistem WiMAX. OFDM sendiri memiliki beberapa teknik seperti modulasi dengan QPSK dan QAM, juga digunakan IFFT/FFT serta cylic prefix untuk menghasilkan sinyal transmisi OFDM. Implementasi OFDM berdasarkan parameter yang telah ditentukan oleh standarisasi IEEE dimasukan ke dalam MATLAB dan beserta persamaan- persamaan yang digunakan untuk pengolahan frekuensi carrier. Sehingga dapat disimulasikan sinyal OFDM pada domain frekuensi dan domain waktu. Sinyal domain frekuensi merupakan bentuk sinyal OFDM, sedangkan sinyal domain waktu adalah sinyal transmisi OFDM.

Dari analisis implementasi OFDM, berdasarkan parameter OFDM dan OFDMA sistem WiMAX dapat disimulasikan dengan menggunakan MATLAB.

Kata Kunci : OFDM, OFDMA, 802.16d (Fixed WiMAX) dan 802.16e (Mobile WiMAX).


untuk download full tugas akhir ini silahkan klik saja link dibawah ini :


Buah Karya  Mr. Riyan Ardiya Nugraha
semoga bermanfaat untuk pencerahan tugas akhir anda 

Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (1)

On 28 September 2014 pukul 20.00 , Unknown mengatakan...

Boleh minta tgas akhir ini bos link diatas tdak bisa d download bos,, klo boleh kirim ke email aku bos momodesign9@gmail.com thanks bos