halo semuanya :D
saya akan membagikan sebuah judul tugas akhir lagi yang menarik untuk anda simak
kali ini untuk jurusan teknik elektro sub jurusan teknik tenaga listrik yang berjudul “SISTEM PENGAMATAN DAN PEMUTUSAN PEMAKAIAN LISTRIK DI PERUMAHAN”


Saat ini sistem pemakaian energi listrik masih dilakukan secara manual dan tidak ada pemantauan secara langsung mengenai pemakaian listrik di perumahan, sehingga petugas PLN harus mendatangi Kwh yang ada di setiap rumah untuk memantau jumlah pemakaian listrik, begitu pula jika akan melakukan pemadaman akibat denda / belum membayar harus membuat segel secara manual pada breaker.

Berdasarkan permasalahan diatas, maka diperlukan suatu perangkat yang dapat megamati setiap perubahan nilai Kwh sesuai dengan pemakaian dayanya. Selain itu, diperlukan juga pengontrolan terhadap status pembayaran listrik. Sehingga, penyedia listrik dapat memberikan supply daya atau memutuskannya secara otomatis berdasarkan database pelanggan yang telah diproses oleh software.

Pada sistem ini, penulis mencoba mengimplementasikan beberapa komponen diantaranya: IC Mikrokontroller sebagai pemantau perubahan nilai Kwh, sensor infra merah untuk mendeteksi putaran piringan Kwh, relay untuk memutuskan atau menghubungkan supply daya, IC NE 5050 sebagai modulator- demodulator, dan Software berbasis VB 6 sebagai pengolah utama data pelanggan.

Semoga pengembangan sistem ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Segala upaya dalam penyempurnaan alat ini sangat penulis harapkan.

Kata Kunci : Kwh Meter, Pengamatan, Otomatis, Mikrokontroller.

untuk download tugas akhir ini silahkan klik link yang tersedia dibawah ini :


Karya Mr. Firman Sya'ban
SHARING IS CARING^^


Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (0)