halo selamat sore semuanya :D
saya memilki sebuah judul tugas akhir yang menarik untuk kita simak
kali ini untuk jurusan teknik elektro sub jurusan teknik tenaga listrik yang berjudul “PROTOTYPE SISTEM PENGONTROLAN TEMPERATUR PADA DUA MESIN YANG BERBEDA”


Salah satu pemanfaatan komponen mikrokomputer keping tunggal adalah sebagai suatu sistem pengendali yang di gunakan untuk melakukan pengaturan terhadap temperatur ruangan ataupun temperatur alat bantu lainnya.

Sistem di rancang untuk membantu pengontrolan temperatur jarum, gude bars dan singker agar tetap stabil, perobahan temperatur disekitar komponen tersebut akibat dari lamanya peroses pembuatan/perajutan benang menjadi kain dan pengaruh temperatur pada ruangan sehingga jarum dan gedebars memuai menyebabkan terjadinya kegagalan peroses pada kain berupa kain menjadi pecah-pecah atau bolong-bolong untuk type mesin knetting double ruschel, sedangkan pada mesin type Muratex No.28 memerlukan temperature yang panas.

Cara kerja sistem ini hanya mengatur tejadinya hidup dan matinya peralatan blower pendingin atau pemanas dengan mengaktifkan relay dimana terdapat motor penggerak blower pendingn atau pemanas.

Sebagai prototype hanya di buat pada dua type mesin yang berbeda dengan membutuhkan dua kondisi suhu mesin yang berbeda pula. Suhu-suhu yang di inginkan 20 °C – 32 °C terlebih dahulu di masukan melalui papan tombol (keypad), pertama kali alat akan mendeteksi dan membaca suhu yang terdapat diruangan posisi komponen tersebut, melalui pord input analog digital mikrokomputer akan membandingkan suhu di seputar komponen suhu yang di inginkan.

Kata Kunci : Temperatur

untuk download tugas akhir ini silahkan klik pada link yang tersedia dibawah ini :


Karya Mr. Gito
semoga bermanfaat^^



Regard : Arcia Celestica 

Comments (0)