halo selamat sore menjelang malam :D
saya akan membahas sebuah tugas akhir yang mungkin bisa menjadi pencerahan bagi para Gokong dirumah, distudio, dikampus, atau dimanapun Gokong tersebut berada ^^v
kali ini tugas akhir yang saya bahas untuk jurusan elektro sub jurusan Telekomunikasi yang berjudul “IMPLEMENTASI VOICE OVER INTERNET PROTOCOL (VOIP) UNTUK VIDEO CONFERENCE”.


Berdasarkan perkembangan zaman dalam dunia teknologi telekomunikasi, semakin lama semakin maju dengan pesat, juga memiliki kemampuan dengan reduksi biaya yang cukup murah. Dalam hal ini sebuah teknologi diluncurkan yaitu VoIP (Voice Over Internet protocol) yang memiliki kemampuan tersebut, dan tidak hanya dapat digunakan untuk komunikasi suara saja melainkan video pun dapat dilalukan melalui jaringan IP.

Voice Over Internet Protokol merupakan sebuah teknologi pengiriman suara, dan gambar melalui jaringan IP, dimana sinyal audio dan video yang akan dikirimkan terlebih dahulu diubah menjadi paket-paket audio dan video terkompresi yang dapat menekan penggunaan bandwidth transmisi. Implementasi yang dapat diwujudkan dalam VoIP, selain komunikasi suara juga bisa melakukan video conference dengan merujuk pada standar baku H.323 yang berisi aturan komunikasi multimedia, yang diatur oleh protokol-protokol dibawahnya.

Dari studi yang dilakukan dengan pemanfaatan software NetMeeting menggunakan beberapa standar kompresi yaitu H.263 yang merupakan pengembangan dari standar H.261. Bukan mustahil, standar H.263 akan menggantikan standar H.261. Hasil pengujian dengan metode DCR (Degradation Category Rating), dilakukan penilaian secara subyektif terhadap kualitas media yang dikirimkan.

Kata Kunci : Voice Over Internet Protocol, video conference, Degradation Category Rating, NetMeeting, standard H.323, H.261, H.263

untuk download tugas akhir ini silahkan klik link yang tersedia dibawah :


Karya Mr. Siswanto

SHARING IS CARING ^^


Regard : Arcia_Celestica (m)


Comments (1)

On 2 November 2012 pukul 08.59 , Unknown mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai implementasi bandwidth, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2572/1/168.pdf
semoga bermanfaat