halo semuanya :D
maaf baru update lagi ane abis liburan kmaren (-_-')
kali ini saya akan membahas satu buah judul akhir jurusan elektro sub jurusan teknik tenaga listrik berjudul “PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PENGATUR SISTEM KELISTRIKAN BERBASIS KOMPUTER”
semoga bisa menjadi inspirasi bagi Gokong" yg masih bingung dalam menentukan judul tugas akhirnya


Komunikasi Personal komputer banyak sekali digunakan dalam interfacing dengan perangkat – perangkat elektronik atau peralatan listrik, adapun perangkat komputer yang digunakan sebagai interfacing adalah Port printer. Untuk menghubungkan komputer (port printer) dengan peralatan listrik sudah tentu harus menggunakan program . Dalam tugas akhir ini dibuat perangkat lunak (software) menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic (VB 6.0). Bahasa pemrograman adalah perintah – perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas – tugas tertentu .

Alat kelistrikan yang digunakan untuk perancangan menggunakan 8 buah lampu . Komputer dapat berkomunikasi dengan Driver lampu melalui Port Parallel yang mendapat perintah – perintah dari komputer sebagai pengolah data , Dalam hal ini komputer berfungsi sebagai pengendali utama dari objek pengendalian. Dengan kata lain , parameter-parameter kendali dari objek pengendalian dapat dilihat dan diubah melalui sebuah komputer. Driver (pengendali) relay menggunakan Transistor BD-135 , dimana Transistor tersebut akan memberikan tegangan untuk kontak relay sehingga relay dapat menghubung / memutus tegangan ke beban lampu.

Jika dibandingkan dengan sistem perangkat elektronik biasa (dengan menggunakan saklar), ternyata pengaturan alat – alat listrik ini dapat ditampilkan lebih variatif dengan adanya tampilan lampu di display yang lebih jelas.

Kata Kunci : Komputer , Port LPT , Visual Basic ,Driver Relay

untuk download dokumen ini secara lengkap klik saja link dibawah ini :


Buah Karya Mr. TAUFAN MAULANA SARWITA
semoga berguna y guys ^^

Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (0)