halo semuanya :D
selamat malam..
saya mau bagi-bagi tugas akhir gratis nih ^^
kali ini tugas akhir yang saya bagikan adalah untuk jurusan elektro subjurusan elektronika dan instrumentasi yang berjudul “KEGAGALAN PERISAIAN OVERHEAD GROUNDWIRE AKIBAT SAMBARAN LANGSUNG PADA SALURAN TRANSMISI 150 kV”


SUTT 150 kV Bandung Selatan - Kamojang merupakan saluran transmisi ganda (double line circuit) sepanjang 27 km, yang terdiri dari 84 tiang. Dalam operasi kesehariannya SUTT 150 kV ini tidak terlepas dari gangguan sambaran petir. Gangguan tersebut merupakan gangguan yang bersifat sesaat (temporer), namun tidak menutup kemungkinan gangguan tersebut dapat mengakibatkan terputusnya interkoneksi SUTT 150 kV Bandung Selatan - Kamojang. Transmisi tenaga listrik melalui saluran udara merupakan sasaran utama dari sambaran petir. Dengan pemasangan kawat tanah atas (overhead groundwire), maka kemungkinan kawat phasa tersambar petir dapat dihindari.

        Dengan menggunakan konsep ruang proteksi menurut metode elektrogeometri, maka dapat ditentukan besar sudut perisaian efektif berdasarkan jarak rasio (β) dari tanah ke penghantar. Secara garis besar Tugas Akhir ini mengulas mengenai masalah petir dan daerah perlindungan saluran transmisi.

Kata Kunci : elektrogeometri, interkoneksi, sudut perisaian efektif, overhead groundwire

untuk download lengkap tugas akhir ini silahkan klik saja link yang terdapat dibawah :


Karya Mr. I Made Firman Nugraha

semoga bermanfaat ^^


Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (0)