halo semuanya :D
wah kayanya masi pada bingung nih nentuin judul tugas akhirnya ampe mentok k blog ane :D
ok saya bantu dengan postingan ajj deh yaa..
kali ini saya akan mengupas tentang sebuah judul tugas akhir jurusan teknik elektro sub jurusan elektronika dan instrumentasi yang berjudul “ANALISIS TERJADINYA KEGAGALAN ISOLASI COIL STATOR AKIBAT ARUS BOCOR PADA GENERATOR GT-23 PLTGU PRIOK”


Isolasi coil stator generator yang terpasang di PLTU di pulau Jawa pada umumnya telah lebih dari sepuluh tahun. Secara umum isolasi dari coil stator generator ini akan mengalami suatu proses penuaan secara perlahan-lahan, oleh karena adanya stress listrik, mekanis dan termal.

Isolasi merupakan bagian yang terpenting dan sangat menentukan umur dari peralatan. Kegagalan atau memburuknya isolasi, disamping dapat menyebabkan terjadinya arus hubung singkat juga dapat menimbulkan arus bocor atau arus rambat yang mengalir pada permukaan isolasi.

Kerusakan generator GT-23 PLTGU Priok disebabkan oleh rusaknya isolasi akibat kebocoran arus pada coil stator. Oleh karena itu, diperlukan suatu perhitungan dan analisis mengenai kebocoran arus ini.

Penelitianinimencobamembahasmengenaikegagalanisolasi akibat arus bocor pada coil stator. Dimana dalam pembahasannya akan menghitung arus bocor maksimum dengan mengacu pada standar VDE (Verband Deutsher Electrochniker) 0530. Dari hasil perhitungan akan diketahui batasan arus bocor maksimum yang diijinkan pada coil stator. Dengan demikian kegagalan isolasi akibat arus bocor pada isolasi coil stator yang baru (re-insulation) dapat diantisipasi sedini mungkin.

Kata kunci : arus bocor, coil stator, generator, isolasi, rewinding.

untuk download tugas akhir ini silahkan klik link dibawah ini :


Karya Mr. Imam Wahyudin 
Sharing is Caring...
semoga berguna untuk pencerahan para Gokong dimanapun berada^^

Regard : Arcia_Celestica (m)


Comments (0)