Halo Selamat Malam semuanya :D
saya memiliki sebuah skripsi yang menarik dan mungkin bisa menjadi bahan pencerahan bagi mahasiswa yang sedang membuat kitab  suci ^^
kali ini untuk jurusan kehutanan yang berjudul “PENGOLAHAN BIJI MAHONI (Swietenia macrophylla King.) SEBAGAI BAHAN BAKU ALTERNATIF BIODIESEL”



ADYTIA KUSUMO PUTRA. Pengolahan Biji Mahoni (Swietenia macrophylla King.) Sebagai Bahan Baku Alternatif Biodiesel. Dibimbing oleh WASRIN SYAFII dan DWI SETYANINGSIH

Bahan bakar fosil adalah sumber energi dengan konsumsi yang terbesar untuk saat ini diseluruh dunia jika dibandingkan dengan sumber energi lainnya. Biodiesel merupakan salah satu produk teknologi pemanfaatan energi biomassa yang menggunakan minyak dari tanaman untuk dikonversikan menjadi ester yang diharapkan dapat menggantikan solar sebagai bahan dasar mesin diesel. Sekarang ini pemanfaatan bahan baku terbesar untuk bidoesel adalah minyak kelapa sawit yang juga merupakan bahan baku pangan. Oleh karena itu diperlukan alternatif bahan baku seperti minyak dari biji mahoni yang merupakan tanaman kehutanan. Pembuatan minyak mahoni melalui pengepresan biji yang telah dijemur selama 2 dan 4 hari dengan perlakuan pencacahan dan tanpa pencacahan. Pada penjemuran selama 2 hari dihasilkan rendemen rata-rata minyak dari biji yang tidak dicacah dan dicacah masing-masing sebesar 363,42 g dan 401,79 g, rendemen rata-rata kedua perlakuan selama 2 hari sebesar 382,605 g (38,26%). Sementara pada penjemuran selama 4 hari dihasilkan rendemen rata-rata minyak dari biji yang tidak dicacah dan dicacah masing-masing sebesar 430,79 g dan 344,07 g, rendemen rata-rata kedua perlakuan selama 4 hari sebesar 387,435 g (38,74%).
Setelah itu dilakukan proses transesterifikasi untuk mengkonversi minyak nabati (trigliserida) menjadi biodiesel (metil ester) melalui reaksi dengan metanol dan KOH sebagai katalis. Rendemen biodiesel yang dihasilkan dari minyak mahoni berkisar antara 73,51-95,34%. Pengujian kualitas biodiesel menunjukkan bilangan asam, gliserol total dan kadar ester telah sesuai dengan SNI-04-7182-2006. Kualitas biodiesel yang terbaik diperoleh dari penjemuran selama 4 hari dengan perlakuan pencacahan.

Kata kunci: bahan bakar fosil , biodiesel, transesterifikasi.


untuk download tugas akhir ini silahkan klik pada link yang tersedia dibawah ini :



Karya Mr. Adytia Kusumo Putra
semoga bermanfaat^^


Regard, Arcia Celestica







Comments (0)