halo semuanya
dimalam yang sunyi ini saya akan membagikan lagi sebuah judul tugas akhir untuk anda :D
kali ini saya akan membahas sebuah judul tugas akhir dari jurusan teknik elektro sub jurusan teknik tenaga listrik yang berjudul “PERANCANGAN PROTOTIPE PENGOLAH BIJI KOPI MENGGUNAKAN PLC OMRON CPM1A”.


PLC (Programmable Logic Controller) merupakan suatu perangkat yang banyak digunakan di industri dimana otomatisasi diterapkan untuk tipe produksi dengan volume yang tinggi. Tetapi kebutuhan kini menuntut otomatisasi dari bermacam – macam produk dalam jumlah yang sedang, sebagaimana untuk mencapai produktivitas keseluruhan yang lebih tinggi dan memerlukan investasi minimum dalam pabrik dan peralatan.

Masalah yang penulis bahas pada laporan tugas akhir ini adalah bagaimana merancang prototipe pengolah biji kopi menggunakan PLC sebagai pengendali proses produksinya dan diagram ladder sebagai perangkat lunak untuk memfungsikan sistem kerja dari PLC untuk mendeteksi sensor-sensor pada alat berfungsi sesuai yang diinginkan. Prototipe bekerja sesuai dengan diagram ladder yang telah didesain perancang. Kinerja pengolah biji kopi menggunakan PLC Omron CPM1A bekerja secara otomatis.

Kata kunci : PLC Omron CPM1A, Pengendali, Otomatis.

untuk download tugas akhir ini silahkan klik pada link yang tersedia dibawah ini :


Karya Mr. Tommy
semoga dapat bermanfaat untuk anda


Regard : Arcia_Celestica (m)

Comments (0)