halo selamat malam :)
saya akan berbagi lagi tugas akhir gratis untuk anda semua
kali ini untuk jurusan elektro subjurusan teknik tenaga listrik yang berjudul “PEMBUATAN INVERTER DAN CATU DAYA CADANGAN UNTUK LAMPU TL 15 WATT”.


Diera yang sudah modern ini, penggunaan peralatan listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting, mendesak dan mendasar terutama dikantor, pada industri maupun tempat pelayanan umum lainnya untuk mendukung operasi kerja. Penggunaan ini akan menjadi masalah jika terjadi gangguan terutama jika terjadi gangguan pada PLN, terutama adanya pemutusan aliran dari jala-jala PLN ke beban. Sebagai solusinya adalah dengan menggunakan catu daya cadangan sebagai alternatife sumber tenaga pengganti sementara.

Pada prinsipnya catu daya cadangan ini merupakan sumber tenaga alternatife sementara yang berfungsi untuk menggantikan suplai tenaga listrik utama dalam hal ini sumber listrik PLN atau generator yang dapat membantu untuk menangani permasalahan akibat terputusnya aliran listrik.

Pada Tugas Akhir ini dibuat inverter dan catu daya cadangan yang diaplikasikan untuk penerangan lampu darurat, dimana penggunaan beban minimumnya 10 watt dan maksimumnya sebesar 32 watt berupa lampu TL(fluoresen), dengan menggunakan sumber energi dari baterai 5 AH, 12 volt yang mampu menyuplai untuk penerangan selama kurang lebih 12 jam. Rangkaian catu daya cadangan ini terdiri dari transformator step down sebagai penurun tegangan AC, rangkaian charger sebagai pengisi baterai, dan inverter yang memnpunyai fungsi untuk pembangkit dan pengubah tegangan searah (DC) dari baterai ke beban bolak-balik (AC), serta relay sebagai transfer switch. Semua rangkaian terangkai dan tersusun dalam satu sistem yang akan bekerja untuk menyalakan lampu.

Kata Kunci : Catu Daya Cadangan, Transformator Step Down, Charger, Baterai 5AH, 12 volt, Inverter.

untuk download tugas akhir ini secara lengkap silahkan klik saja link dibawah ini :


Karya  Mr. Anton Prayitno
semoga berguna ^^


Regard : Arcia_celestica (m)

Comments (1)

On 29 Januari 2014 pukul 06.04 , Unknown mengatakan...

gan minta souce code nya donk.
kirim ke adrian_137@yahoo.co.id.
di bantu ya
thank's gan