halo selamat pagi semuanya :D
saya memiliki sebuah judul tugas akhir yang menarik untuk kita simak
kali ini untuk jurusan teknik elektro sub jurusan telekomunikasi yang berjudul "RANCANG BANGUN DAN ANALISA QOS LIVE VIDEO STREAMING MELALUI JARINGAN VPN"


Saat ini makin banyak masyarakat di Indonesia yang menggunakan aplikasi videostreaming dalam kehidupan sehari-harinya.Dengan adanya videostreaming kita bisa  menggunakannya untuk berbagai kegiatan seperti pendidikan jarak jauh ataupun sebagai sarana hiburan. Streaming merupakan suatu layanan yang memungkinkan suatu server untuk membroadcast suatu video maupun audio yang bisa diakses oleh clientnya. Streaming  melalui jaringan IP bisa bersifat publik maupun privat. Jaringan publik mempunyai kelemahan yaitu kurangnya keamanan komunikasinya, untuk mengatasi hal itu maka digunakanlah teknologi VPN (Virtual Private Network) pada jaringan tersebut. VPN memungkinkan terbentuknya sebuah jaringan data privat pada jaringan publik dengan menerapkan autentikasi dan enkripsi sehingga akses terhadap jaringan tersebut hanya dapat dilakukan oleh pihak-pihak tertentu

Meskipun live videostreaming berbasis IP ini banyak digunakan, bukan berarti hal ini tidak mempunyai berbagai kendala.seperti masalah QoS (Quality Of Service) dan juga kualitas dari video dan audionya harus diperhatikan disini.

Dalam tugas akhir ini analisa performansi bertujuan untuk menganalisa parameter performansi dari live videostreaming meliputi delay, bandwidth, kualitas video serta audio.

Kata kunci : Videostreaming, IP, VPN, Kompresi

untuk download tugas akhir ini silahkan klik pada link yang tersedia dibawah ini :


Karya Mr. Andy Rifa Terry
semoga bermanfaat^^


Regard : Arcia Celestica

Comments (0)