halo semuanya :D
saya akan membagikan sebuah judul skripsi dan tugas akhir yang menarik untuk anda simak
kali ini untuk jurusan teknik elektro sub jurusan telekomunikasi yang berjudul “PERANCANGAN MODULATOR DIGITAL TEKNIK PHASE SHIFT KEYING DALAM APLIKASI ALAT PERAGA”


Transmisi digital yang menggunakan suatu perangkat modulator dan demodulator data digital, sebagai modulator Phase Shift Keying (Modulator PSK) yaitu suatu teknik modulasi dengan cara menggeser phasa sinyal carrier 1800 pada setiap pergantian bit data 0 dan bit data 1.

Mengingat pentingnya pengetahuan modulasi digital yang harus dikuasi oleh para mahasiswa teknik elektro telekomunikasi, suatu alat peraga dirancangdan didesain bagi para mahasiswa untuk mempelajari teknik modulasi PSK.

Teknik modulasi PSK terdiri dari dua modul rangkaian (dua modul PCB) yaitu PCB 1 sebagai modul Universal Clock dan Word Generator untuk memperagakan suatu sinyal input digital yang akan diolah oleh rangkaian transmitter PSK. PCB 1 terdiri dari beberapa komponen pengolah sinyal : IC 4014, 4516 dan IC 4520. Sebagai rangkaian PCB 2 modulasi PSK yang terdiri dari blok rangkaian transmitter dan visualisasi receiver serta rangkaian low pass filter guna memisahkan sinyal carrier dan sinyal data input. Komponen utama : IC TL072, IC MC1496, IC LM359 dan IC Flip-flop pembangkit sinyal clock input 64 KHz sebagai sinyal penentu kecepatan data rate membentuk rangkaian PCB 2.

Sinyal modulasi PSK dapat diamati melalui beberapa test point yang sengaja di berikan guna mempermudah visualisasi pengujian ataupun pengukuran baik input maupun output sehingga dengan demikian diharapkan para mahasiswa dapat lebih mudah dalam mempelajari dan kemudian mengaplikasikannya kepada dunia nyata.

Kata Kunci : Transmisi digital, Modulasi Phase Shift Keying, Universal  clock, Word Generator

Untuk download lengkap tugas akhir ini silahka klik pada link yang tersedia dibawah ini :


Karya Mr. Dasuki
semoga bermanfaat^^



Regard : Arcia_Celestica (m)




Comments (0)