halo selamat sore semuanya :D
saya memiliki sebuah judul tugas akhir yang menarik untuk disimak
kali ini untuk teknik elektro sub jurusan elektronika dan instrumentasi yang berjudul “KINERJA INVENTER SATU-FASA YANG DILENGKAPI DENGAN PENGENDALI ARUS DAN PENGENDALI TEGANGAN”


Inverter satu-fasa biasanya banyak digunakan pada aplikasi UPS (uninterruptable power supply) berdaya kecil dan menengah. Pada aplikasi ini, kendali terhadap tegangan keluaran yang akurat dan stabil sangat dibutuhkan. Untuk mendapatkan tegangan keluaran yang akurat serta dapat menghilangkan galat keadaan tunak nol, digunakan pengendali tegangan berbasis resonansi diskrit tanpa rugi-rugi. Frekuensi resonansi ditala pada frekuensi tegangan keluaran yang diinginkan.

Untuk memperbaiki sistem kendali tegangan ini, selanjutnya ditambahkan pengendali arus. Pengendali arus yang digunakan adalah pengendali pengendali arus berbasis hysterisis dengan pola tegangan keluaran hasil penyaklaran unipolar dengan frekuensi penyaklaran yang merata disemua saklar daya. Penambahan pengendali arus ini terbukti membuat system mempunyai respon yang cepat dan mempunyai kandungan Total Harmonic Distortion (THD) yang kecil.

Pengendali tegangan yang digunakan sselanjutnya dikembangkan untuk menghilangkan harmonisa tertentu. Pengembangan ini terbukti dapat menghilangkan harmonisa ke-3.

Hasil simulasi dan percobaan disertakan untuk memverifikasi dari metoda yang digunakan.

Kata kunci : Harmonisa, pengendali tegangan, pengendali arus, respon cepat, THD.


untuk download tugas akhir ini silahkan klik pada link yang tersedia dibawah ini :


Karya Mr. M. Henri Safandi
semoga bermanfaat^^


Regard : Arcia Celestica

Comments (0)