halo semuanya :D
selamat malam
kali ini saya memiliki sebuah judul tugas akhir yang menarik untuk anda simak
tugas akhir ini karya mahasiswa jurusan teknik elektro sub jurusan teknik tenaga listrik yang berjudul “SISTEM PENGATURAN LAMPU GEDUNG BERTINGKAT DENGAN BANTUAN KOMPUTER”


Pemanfaatan komputer untuk membantu tugas manusia adalah mutlak diperlukan untuk mencapai tingkat efektifitas dan efisisensi yang tinggi. Hal ini juga berlaku di segala bidang termasuk dalam dunia industri maupun rumah tangga, yaitu dalam pengendalian dan pengoperasian sistem penerangan dalam suatu gedung .

Untuk effesiensi waktu dan tenaga, dalam pengelolaan sumber energi perlu dilakukan, salah satu diantaranya mengatur dan mengoperasikan penerangan pada suatu gedung, rumah tangga, perhotelan, bahkan industri. Penerangan dilakukan hanya pada saat waktu-waktu yang diperlukan.

Untuk mengatasi hal tersebut, akan dibuat suatu sistem kendali dengan menggunakan pengendali ON-OFF secara digital. sehingga pengendalian dan pengoperasian proses penerangan dapat dilakukan secara tersentral melalui sebuah perangkat komputer (PC).

Sumber penerangan berupa lampu pijar , sedangkan sensor menggunakan LDR. Penerangan ini diterapkan pada simulasi sebuah gedung berlantai tiga dengan delapan buah ruang.

Data masukan dari keyboard berupa data ruangan yang akan dinyalakan, computer akan membaca data tersebut, dan mengeluarkan perintah untuk menyalakan lampu ruangan sesuai permintaan, melalui perangkat antarmuka ( Card I/O PPI 8255). Perintah ini diteruskan ke rangkaian penggerak ( driver) untuk menyalakan lampu, dan lampu indikator yang berfungsi sebagai tanda lampu mana saja yang seharusnya menyala. Nyala lampu tiap ruangan dideteksi oleh sensor cahaya, informasi ini dikembalikan ke komputer untuk dibandingkan dengan data input. Apabila terjadi perbedaan, komputer akan memeriksa perbedaaan tersebut, yang mengindikasikan adanya gangguan dalam ruangan, yaitu kemungkinan adanya lampu yang rusak. Kondisi lampu yang rusak akan ditampilkan pada layar monitor, untuk memudahkan mengadakan perbaikan atau mengganti lampu yang rusak dengan yang baik.

Dari hasil yang diperoleh dalam realisasi alat ini, diperoleh hasil yang baik dengan kesalahan kerja sistem kurang dari 1%.

Kata Kunci : Pengaturan komputer


untuk download tugas akhir ini silahkan klik link yang tersedia dibawah ini :



Karya Mr. Dany Kundaryoko
semoga bermanfaat^^


Regard : Arcia Celestica

Comments (0)