haaai :D
masi mentok dalam ngerjain tugas akhir ??
nih saya kasih satu lagi judul tugas akhir jurusan elektro subjurusan teknik tenaga listrik deh untuk kalian yang masi bingung sampai-sampai nyasar ke blog saya :D
kali ini tugas akhir yang akan kita bahas berjudul “ALAT PENGATUR KECEPATAN MOTOR DC DENGAN MENGGUNAKAN SEMI-KONVERTER”


Kemajuan teknologi sangat pesat, salah satunya penggunaan motor listrik/motor arus searah (DC). Hal ini terbukti dengan bertambahnya alat-alat yang menggunakan motor listirk. Motor listrik didesain dan dirancang dengan sedemikian rupa, salah satunya dengan mengatur kecepatan putaranya.

Pengatur kecepatan memegang peranan penting dalam motor arus searah, karena motor arus searah mempunyai karakteristik kopel kecepatan yang menguntungkan dibandingkan dengan motor lainnya.

Pada Tugas Akhir ini penulis membuat perancangan dan pembuatan alat semi-konverter untuk mengatur kecepatan motor. Dimana pengaturan rangkaian kontrolnya menggunakan IC LM555, pulsa yang dibangkitkan merupakan sebagai pentriger pada transistor BC 141 yang kemudian transistor tersebut akan menswitching pada pembangkit transformator, yang pada akhirnya akan mengatur besar sudut gate pada rangkaian daya (SCR) yang merupakan pengaturan motor DC.

Kata Kunci : Motor DC, Semi-konverter, Rangkaian control, IC LM555.

untuk download dokumen tugas akhir ini silahkan klik link dibawah ini :


Karya Mr. Iman Firmansyah
semoga dapat digunakan untuk penyelesaian tugas akhirnya ya^^


Regard : Arcia_Celestica (m)



Comments (0)